• Breaking News

    Rabu, 23 November 2016

    MASALAH DAN SOLUSI DALAM MENGATASI GANGGUAN PADA JARINGAN




    MASALAH DAN SOLUSI DALAM MENGATASI GANGGUAN PADA JARINGAN
    1.      Jaringan terganggu pada HUB dan Switch
    Hub/switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server.
    Masalah : Apabila terjadi kerusakan pada Hub dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation. Apabila lampu indikator power Hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau ada gangguan pada komputer workstation tersebut.
    Solusi : Jika terjadi kerusakan pada HUB maka pertama kita harus mengecek apakah HUB yang kita gunakan memang sudah rusak atau hanya mengalami gangguan saja,namun jika HUB yang kita gunakan memang benar-benar pasitif rusak maka kita perlu menggantinya dengan HUB yang baru atau dapat diperbaiki ditempat service khusus.namun saran kami lebih baik mengganti dengan yang baru selain kwalitasnya yang lebih bagus biasanya biaya memperbaiki hampir sama dengan biaya membeli baru.

    2.      Masalah Jaringan Karena Kegagalan Sistem
    Masalah : Kegagalan system bisa saja karena ada masalah dengan DHCP server anda sehingga clients tidak menerima IP address. Atau bisa saja karena ada masalah dengan system Directory Services anda sehingga clients tidak bisa login ke jaringan.Atau bisa saja karena ada masalah dengan register nama pada system DNS anda.
    Solusi :  Mencoba restart computer dan mencoba membuat DHCP yang baru atau jika tidak bisa lagi mencoba install ulang aplikasi tersebut.

    3.      Jaringan tidak bisa sharing Data
    Masalah : Hal ini sering terjadi dikarenakan sharing pada computer masih di disable jadi kita harus mengaktifkannya
    Solusi  : Jadi klik pada tampilan Lalu pilih lalu ceklist lalu apply
    Masalah lain : Selain itu mungkin sedang terjadi hang pada computer dan yang harus ditempuh adalah merestar komputer.Hal ini juga sering terjadi karena IP yang kita gunakan salah atau sama dengan IP komputer lainnya.
    Solusi : Ganti dengan IP yang beda.

    4.      Masalah Jaringan karena Virus
    Masalah : Jenis ini juga merupakan masalah jaringan yang bukan karena kegagalan infrastruktur jaringan fisik, akan tetapi system jaringan anda akan kebanjiran traffic dari pengaruh virus yang menyerang system server dan menulari ke semua komputer dalam jaringan anda. Kinerja dari system jaringan anda akan menjadi sangat pelan sekali bahkan boleh dibilang ambruk.
    Solusi : Apa yang bisa anda lakukan dengan serangan virus ini adalah menerapkan best practice security policy, pertahanan system anda harus kebal sekali.

    5.      Masalah Koneksi yang lambat
    Penyebab : Banyaknya PC yang disharing.
    Masalah : Aktifitas Client-client PC yang Download atau Upload Malware (Virus, Trojan, Spyware) yang menghabiskan Bandwidth anda Kondisi PC yang Memang Lambat
    Solusi : Gunakan Bandwidth management Gunakan antivirus atau anti Spyware atau Menambah Kecepatan Koneksi Internet Menambah kecepatan akses internet sangat diinginkan para pengguna internet. Ada banyak cara digunakan untuk menambah kecepatan akses koneksi internet, dari cara simpel menonaktifkan loading gambar pada browser hingga penggunaan software tertentu.

    6.      Tidak Muncul LAN
    Masalah yang mungkin bisa terjadi pada sebuah komputer user adalah Local Area Connection yang tidak muncul dan tidak terdeteksi pada komputer user atau client. Karena jika hal ini tidak dapat bekerja atau terjadi masalah, maka komputer atau laptop tidak bisa terkoneksi, yang akan berdampak pada keruskan hardware tertentu yang menggangu prinsip kerja jaringan komputer itu sendiri.
    Masalah : network wireless adapter yang tidak terpasang dengan baik, ataupun driver dari network wireless adapter yang mungkin tidak terinstall dengan baik. Jika sudah begini tandanya perangkat
    Solusi : Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan pembetulan dari proses pemasangan network wireless adapter, ataupun melakukan penginstalan ulang pada driver adapter network tersebut, agar LAN dan juga local area connection bisa dijalankan dengan benar.

    7.      LAN tidak Berkedip
    Masalah lainnya yang juga sering muncul pada konektivitas jaringan LAN adalah icon LAN yang tidak berkedip dan tidak muncul. Apabila icon LAN tidak mau berkedip, maka sudah pasti ada masalah pada bagian hardware LAN nya. Penyebab utama dari hal ini adalah konektor LAN yang mungkin tidak terpasang dengan sempurna, ataupun hub dan juga switch yang mengalami malfungsi atau kerusakan.
    Masalah : Jika sudah seperti ini bukan tidak mungkin akan menghambat kerja hardware lainnya seperti pada fungsi hub dan fungsi switch dalam menyalurkan sinyal paket data pada setiap komputer client.
    Solusi : Untuk mengatasinya, cukup mudah untuk dilakukan. Yang anda perlukan hanyalah mencoba untuk mencabut dan memasang kembali konektor LAN anda dan juga melakukan pengecekan terhadap perangkat keras seperti hub dan juga switch.

    8.      Koneksi antara Komputer dan Access Point lambat
    Masalah : Kemungkinan karena jarak yag terlalu antara komputer dengan access point.
    Solusi : Memperdekat jarak antara komputer dengan access point.

    9.      Printer tidak bisa diakses di computer lain
    Masalah : Dikarenakan printer tersebut belum di sharing.
    Solusi : masuk ke control panel printers and faxes, lalu pilih printer yang akan di sharing lalu klik kanan, pilih sharing, kemudian pilih sharing this printer lalu ok.

    10.  Status connected tetapi tidak dapat terhubung ke internet
    Connected Status
    Status ini menunjukkan bahwa komputer kita terhubung dengan jaringan dengan sempurna, yaitu terhubung kepada router / modem di layer tengah pada gambar layer diatas. Jika jaringan wireless, maka komputer terhubung kepada wireless router dengan baik. Hal ini menunjukkan ada masalah pada layer atas yaitu Internet.
    Untuk bisa melakukan troubleshooting jaringan dengan status ini, kita bisa mengikuti langkah berikut ini.
    ·         Pastikan terlebih dahulu dengan membuka browser internet kita dan check ke website tertentu misal saja ke www.computer-network.net atau ke www.wireless-router-net.com atau kemanapun. Jika anda bisa mengkases website tertentu akan tetapi website yang lain bagus, berarti tidak ada masalah pada sisi jaringan anda. Masalah terletak pada fihak ISP yang mungkin salah satu backbonenya rusak atau putus. Jika sama sekali anda tidak bisa membuka internet kemanapun, teruskan langkah berikut.
    ·         Lepaskan sambungan modem yang ke line telpon atau Cable line, tunggu beberapa saat barang semenit kemudian koneksikan lagi.
    ·         Lepaskan sambungan wireless router dari modem (sambungan antara port LAN pada modem dan port WAN pada wireless router), tunggu beberapa saat kemudian sambung lagi. Ini jika anda mempunyai perangkat terpisah antara wireless router dan modem.
    ·         Restart komputer anda dan ulangi untuk membuka dan akses website. Jika anda bisa mengkases website akan tetapi koneksinya lambat sekali sementara komputer lain bisa mengkases (jika ada lebih dari dua komputer dalam jaringan) anda bisa mencurigai beberapa komputer yang lain sedang mengkonsumsi bandwidth sangat intensive mungkin sedang streaming HD media dari internet atau banyak melakukan sharing files dengan beberapa komputer. tutup di komputer lain tersebut beberapa aplikasi yang mencurigakan dan bila perlu matikan sementara untuk memastikan masalah. Jika tak satupun website terbuka, maka lakukan langkah berikut ini.
    ·         Jika anda mempunyai modem dan wireless router terpisah, cobalah putuskan koneksi ke wireless router dan koneksikan komputer anda langsung kepada modem. Restart komputer anda dan coba lagi akses internet. Jika anda sukses akses ke internet, maka anda bisa memastikan ada masalah dengan wireless router anda.
    ·         Jika langkah tersebut masih juga belum berhasil akses internet, maka bisa dipastikan ada masalah dengan modem anda atau ada masalah dengan IS P anda. Telpon ISP anda untuk memastikan kalau ada masalah dengan layanan Internet.

    11.  Network Kabel unplug
    Masalah : Jaringan Kabel tidak terpasang
    Solusi : Lakukan pengecekan kabel LAN. Setelah yakin tidak ada masalah dengan pengkabelan, masuk ke Network Connection di Control Panel. Klik ganda Local Area Network yang bermasalah. Klik tab Properti, pada jendela “Connect using :” klik tab Configure. Selanjutnya pada jendela baru yang muncul, klik Advanced lalu Sorot Link Speed/Duplex Mode, pada jendela dropdown di sebelahnya ubah nilainya. Coba satu per satu nilai yang ditawarkan sampai LAN terkoneksi.

    12.  Wireless Not Connected
    Masalah :  Wireless Network Adapter dalam keadaan disable. Agar wireless anda dapat berfungsi dan mendeteksi jaringan wireless pada wifi maka adapter tersebut harus diaktifkan kembali (enable),
    Solusi : Untuk mengatasi Not Connected - No Connections are available yang sering dijadikan jalan keluar untuk memecahkan permasalahan tersebut :
    1.  Klik "Open Network and Sharing Center" melalui icon wireless di bagian
         kanan bawah dekstop laptop anda, selanjutnya akan tampil jendela seperti
         gambar dibawah, klik pada area bergaris merah "Change adapter settings".




    2.  Dan anda akan diarahkan kejendela berikutnya Klik kanan pada "wireless Network
    Connection" lalu pilih Enable.
    Pada kondisi tertentu adapter sudah enable akan tetapi wireless tidak bisa mendeteksi jaringan wifi, maka solusi alternatif lainnya yaitu dengan menekan tombol kombinasi antara Fn + tombol yang bergambar signal pada keyboard laptop, kemudian Restart laptop tersebut.

    Atau solusi lain yaitu dengan memeriksa status perangkat Wireless pada windows dan memastikan dalam keadaan aktif coba untuk melakukan pencarian sinyal pada hotspot area.

    2 komentar:

    Fashion

    Beauty

    Travel